Geev – Karya Anak Bangsa Pesaing Google - MS Guild

Baru!!

Indonesia.com

Rabu, 31 Oktober 2018

Geev – Karya Anak Bangsa Pesaing Google




Kembali lagi di msguildindonesia.com, Khilafer (^0^)/. Kembali lagi bersama admin <RINC_> di sini. Sudah 3 bulan lebih mungkin admin <RINC_> tidak memberikan postingan yang unfaedah ya? Kalian pasti kangen ya (:V)? Maaf nih baru dapat kesempatan untuk membuat pidato seputar perkhilafan Indonesia lagi. Mimin akhir akhir ini sibuk urusan sekolah yang nggak kelar kelar. Tetapi, jangan khawatir. Kali ini mimin akan memberikan seputar informasi yang benar benar memotivasi dan pastinya benar benar faedah. Maaf ya untuk tim Unfaedah minggir dulu (:V)
            Sebelumnya, mungkin ada beberapa dari kalian yang ingin tahu, apa motivasi mimin untuk dengan secara terpaksa mungkin kali ya (:V) memposting postingan ini dengan tiba tiba. Jadi ceritanya begini... (Wadooh jadi ndongeng nih mimin (*_*))
            Sebenarnya beberapa hari ini mimin dapat berita, mungkin lebih tepatnya sebuah postingan dari grup dan bahkan dari blog lain juga.  Kebetulan postingan itu menarik perhatian mimin dan mimin jamin akan worth sekali kalau kalian membaca dengan saksama. Ini berkaitan dengan ciptaan anak bangsa kita sendiri yang bersaing menuju Go International. Oleh karena itu mimin selaku admin Ms Guild yang sukanya khilaf ingin sekali kali membuat sesuatu yang faedah bagi negeri sendiri. Kebanyakan anak zaman sekarang yang sering sekali melupakan negeri sendiri dan justru lebih menyukai negeri orang lain. Mimin tidak menyalahkan kalian jika kalian menyukai negeri tetangga atau bahkan kampung lain. Tetapi, mimin hanya ingin setidaknya janganlah melupakan negeri sendiri. Seperti anak bangsa yang dilakukan anak bangsa yang akan kita bahas di postingan kali ini.
           
            Geevv.com

            Kalian tentu akan merasa asing dengan website ini bukan? Sama, saya juga(:V). Ya baru baru ini mimin mendengar website ini. Setelah mimin mencari tahu tentang seluk beluk website ini ternyata mencengangkan khilafer. Website ini merupakan mesin pencarian seperti Google dan yang lebih mengejutkan lagi, mesin ini diciptakan oleh anak Indonesia. Sebenarnya postingan ini juga sudah lama di posting, cuman mimin aja yang kudet (T_T). Tetapi mimin juga ingin menghangatkan postingan ini lagi karena sepertinya masih banyak orang yang belum tahu tentang search enggine yang satu ini. Mari kita masuk ke topik pembahasan ini.
            Seperti yang terlansir dalam beberapa website berita, Inilah pesaing Google.com kedepannya, buatan mahasiswa Indonesia. Geevv.com yang diciptakan seorang mahasiswi UI bernama Azka. Search Engine mesin pencari asli buah karya Mahasiswi UI ini mulai beroprasi pada tanggal 26 september 2016. Ternyata tidak sendiri khilafer! Rekannya, Andika Deni Prasetya selaku pendiri Geevv juga benar benar patut mendapatkan pujian serta apresiasi. secara teknis cara kerjanya tak jauh berbeda dengan mesin pencari seperti Google. Namun startup yang yang ia buat adalah social search engine . Geevv Search Engine ini memiliki tujuan, yaitu hasil dari keuntungan yang diperoleh oleh Geevv.com akan didonasikan ke sejumlah program sosial untuk pengembangan di Indonesia seperti seputar kesehatan, pendidikan, dan kemiskinan. 
(Kiri: Deni Prasetya ; Kanan: Azka) 

Darimana Geevv mendapatkan penghasilan? Tentu itulah yang menjadi pertanyaan para khilafer bukan? Sebenarnya itu mudah dijelaskan karena semua itu didapat dari pendapatan iklan yang masuk. Jadi setelah mengambil profit 20 persen untuk profit perusahaan, sisanya ditujukan untuk donasi. Inilah yang membuat Geevv berbeda dari mesin pencari yang lain. Karena Geevv semata-mata tidak hanya mencari keuntungan pribadi. Namun begitu, Azka mengatakan walau sebagian besar keuntungan Geevv digunakan untuk sosial, ia mengatakan bahwa Geevv tidak mengalami kerugian. Azka mengakui adanya Geevv adalah sebagai etentitas bisnis yang juga masih mengincar profit. Untuk itulah selain dari program yang sudah berjalan ia bersama timnya juga mengupayakan pengembangan produk-produk monetisasi lain, sehingga Geevv bisa memperoleh tambahan penghasilan selain dari yang sudah ada. 
Khilafer perlu tahu, setiap kali kita mencari menggunakan mesin pencari ini, itu artinya kita telah menyumbangkan Rp. 10/pencarian asalkan kita telah login akun Geevv. Asalkan khilafer tahu, angka itu akan terus berlipat seiring jumlah pencarian yang dibuat. Sederhananya, makin sering digunakan, berlipat pula donasi yang dihasilkan. Uang donasi yang yang dihasilkan pengguna dapat terlihat langsung di pojok kanan atas situs pencarian.
Dua persen dari market share mesin pencarian di Indonesia adalah target bsinis yang dipatok oleh Geevv selama dua tahun ke depan. Angka itu bukan target yang kecil mengingat mereka akan berhadapan langsung dengan sang raksasa Google. Azka berharap dalam dua tahun, bisa berkembang lebih dari angka itu.


"Setidaknya dua persen dari market share yang ada sekarang, itu sudah besar lho kalau kita lihat dari potensi yang ada. Sedangkan dalam waktu lima tahun ke depan target kita 5 persen," tutur Azka.


Azka mengakui Geevv tak akan mudah mencapai target itu. Apalagi mengingat sejarah mesin pencari lokal beberapa tahun belakangan tumbang satu per satu digilas oleh kecanggihan algoritma Google. Itu sebabnya menurut Azka peran pemerintah akan krusial terhadap pertumbuhan Geevv. Ia bercermin pengalaman mesin pencari di Cina, Jepang, Jerman, dan Rusia, yang dilindungi dan dipercaya pemerintah lewat kebijakan yang ada di sana untuk melayani aktivitas pencarian online di negara mereka.  Sejumlah situs pencari Indonesia seperti findtoyou.com, nowgoogle.com, adalah korban dari keganasan kompetisi mesin pencari. Melihat para pendahulunya, Geevv percaya diri dapat bertahan dengan diferensiasi konsep yang mereka tawarkan. Walau demikian, Azka tak ingin muluk bermimpi menyaingi Google setidaknya dengan sumber daya yang masih sangat terbatas. Di Indonesia sendiri jumlah pengguna produk Google terbilang cukup fantastis. Bedasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) per Oktober 2016, ada 81,8 juta pengguna internet Indonesia memakai Google Chrome sebagai browser utama.
Menurut mimin pribadi, tampilan Geevv tak berbeda jauh dari google. Tetapi ini bukan merupakan plagiat juga ya. mereka sendiri juga mengembangkan inovasi mereka sendiri. Dengan tampilan yang nyaman dilihat, simpel dan mudah diakses. Seperti yang khilafer bisa lihat di gambar bawah ini.


Itu merupakan tampilan awal dari situs Geevv.com sedangkan berikut ini merupakan tampilan saat melakukan pencarian.




Dari hasil kedua gambar di atas. Situs ini tak kalah nyamannya dengan saat kalian mencari menggunakan google bukan? Dan kalau diperhatikan lagi, keuntungannya justru lebih untung menggunakan Geevv bukan? Dari anak bangsa sendiri, bisa sekalian donasi, memperkenalkan hasil bangsa Indonesia dan lain lain keuntungan yang bisa kita dapat. Mimin tidak mencuci otak kalian untuk secara paksa, mimin hanya minta kebijaksanaan kalian serta kesadaran kalian sebagai bangsa Indonesia sehingga bisa memajukan negeri kita ini. Kalau mimin boleh memberi rating dari sepuluh bintang. Mimin akan memberikan nilai 8,9 bintang. Mungkin kekurangannya menurut mimin adalah alamat situs yang lumayan sulit yaitu Geevv.com tetapi mungkin saja itu karena kita kurang terbiasa ya? Jadi mimin benar benar minta tolong sekali untuk bisa memajukan perkembangan Search Enggine  ini. Mulai dari sekarang ubahlah Geevv.com sebagai pencarian default kalian. Beralihlah dan tinggalkan google.com, apakah kalian akan terus mensukseskan negara lain?
Mimin hanya mengingatkan kepada kalian. Kalian hidup di negeri ini, kalian dibesarkan di negeri ini, kalian mempunyai keluarga di negeri ini jadi setidaknya jangan kecewakan negeri ini. Jangan jadikan negeri orang lain lebih baik daripada Indonesia sebagai alasan. Jangan beralasan karena orang Indonesia kurang taat peraturan, semaunya sendiri, kurang pintar, terbelakang sehingga kalian lebih menyukai negara lain. Ingatlah kalian adalah bagian dari bangsa ini, apakah kalian akan mendurhakai bangsa sendiri? Kalau kalian benci dengan negara Indonesia, ubahlah kebencian tersebut menjadi kekuatan untuk mengubahnya. Ubahlah negara Indonesia menjadi lebih baik, bukan malah hanya bisa mencaci makinya saja. Ibarat ditanya orang tua tentang makan malam apa yang enak,  kalian tidak menjawab. Kalian justru mencaci maki makan yang diberikan oleh orang tua seadanya. Apakah itu etis? Seharusnya kalian lah yang waktu itu mengarahkan makanan yang enak, atau mungkin malah kalian yang harusnya membelinya sendiri tanpa merepotkan orang tua kalian di rumah.
            Kalian boleh menyukai negara lain dengan syarat, jangan lupakanlah Indonesia. Ambillah yang menurut kalian penting lalu terapkanlah di Negara kalian sendiri. Kalau menurut kalian Indonesia miskin, belilah produk Indonesia sendiri, cintailah produk dalam negeri sehingga uang hasil produksi tersebut bisa dimanfaatkan untuk berkembang. Kalau menurut kalian sistem pemerintahan di Indonesia salah, jadilah bagian dari Indonesia itu sendiri dan ubahlah apa yang menurut kalian kurang tepat asalkan kalian sesuai denga hukum yang berlaku. Jangan Cuma bisa mencela, memaki bahkan menghujat saja. Apa diri kalian hanya diciptakan untuk menghujat? Ingatlah mulut diciptakan untuk mengkomando, tangan diciptakan untuk merubah, kaki diciptakan untuk bergerak menuju yang lebih baik, mata diciptakan untuk melihat perubahan, kesalahan bahkan menilai, telinga diciptakan untuk mendengar aspirasi dan hidung diciptakan untuk mencari kesalahan yang harus diperbaiki. Mulai sekarang kalau kalian ingin mengubah negeri ubahlah diri kalian sendiri.



Kami admin MS Guild Indonesia akan terus berpihak pada Indonesia.  Walaupun Indonesia suatu saat dianggap salah oleh negara lain!! karena kami tahu Indonesia tak akan pernah berjalan pada jalan yang salah, Sebab kitalah yang akan menuntun Indonesia selalu pada jalan yang benar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar