Okeh,
sesuai janji mimin <RINC_> (^_^)v, kali ini mimin akan membagikan sebuah
post post-an pendek yang membahas sedikit, seputar hal hal yang sering
dibingungkan para khilafer dalam memahami tentang jasa periklanan, Hmmm.....
sudah mulai nge-blog? Khilaf aja sinih sama mimin <RINC_>.
Pada
post-postan sebelumnya mimin pernah membahas tentang Review apa itu AdNow dan
bagaimana cara memasang iklan di dalamnya kan? Yah sebelumnya itu merupakan
awal dimana mimin untuk pertama kali masuk ke dalam dunia perblogger dengan
serius dan berniat memasang iklan loh 0(-)0, jadi maaf saja kalau mungkin
tampilannya memang agak kurang baik dalam kenyamanan ataupun bahkan tampilan.
Namun apakah khilafer sadar, mimin pernah nilang tentang apa itu CPM saat
berada di post-postan AdNow?
Sebenarnya apa itu CPM?
Apakah
ada metode selain CPM?
Atau
bahkan maksudnya sih apa ini?
Pasti
terkadang kalian bertanya seperti itu kan?
Tetapi
jangan khawatir, ada kabar gembira untuk kita semua, kulit durian kini bisa
dimakan. Ya... kali ini mimin akan membahas sedikit tentang jenis jenis metode
pembayaran yang sering digunakan jasa periklanan kepada publisher (pemasang
iklan) seperti CPM (Cost Per Mile). Atau mungkin bisa disebut sebagi jenis
perhitungan yang biasa digunakan dalam dunia perklanan. Atau mungkin bisa disebut
juga jenis jenis iklan online tetapi apabila mimin kasih judul seperti ini
takutnya malah nyasar ke pencarian seperti banner, native ads dll. Oh ya untuk
jenis jenis iklan online mimin mungkin akan membahas pada post post-an
selanjutnya. Ok langsung saja ya ke topik pembicaraan \(0_0)/.
1. Pay
per Impression/Cost per Impression (PPI/CPI)
Pengiklan
harus membayar setiap kali iklan tampil pada halaman web penyedia iklan.
Pengiklan ini harus membayar setiap kali iklan tampil pada halaman web penyedia
iklan. Cara yang paling umum untuk model ini adalah CPM (Cost Per Mill) atau
biaya per seribu tayangan (cost per seribu). Tetapi lazimnya, metode CPM
terpisah dari CPI karena pada dasarnya CPI bisa dihitung perorangan yang
artinya keuntungan sudah bisa kita dapat per orang pengunjung sedangkan CPM
hanya baru akan dibayar ketika pengunjung yang melihat sudah mencapai 1000
pengunjung.
2. CPM
(Cost Per Mile)/Cost per Thousand/ Cost Per Thousand impression
Merupakan
berdasarkan sistem yang sama dari Cost per Impression tetapi kalau untuk ini
baru akan dibayar/ baru akan mendapat keuntungan ketika pengunjung mencapai
1000 pengunjung. CPM merupakan bentuk penyebaran yang menguntungkan penyedia
iklan, biasanya website dengan triffic tinggi. Metode penghasilan iklan kedua adalah
Cost per mile atau di singkat CPM yaitu metode iklan yang di bayar per 1000
tampilan/pageview. agak susah bagi blog yang masih sepi pengunjung dan
pageviewnya dikit untuk bisa menghasilkan uang dengan jenis iklan ini. Namun
jika blog khilafer ramai, apalagi postingan dan banyak pageviewnya sangat
mantapz maka ini bisa menjadi sangat menguntungkan buat orang yang menggunakan
jenis iklan ini.
3. Pay
per Click/Cost per Click (PPC/CPC)
Pengiklan
membayar pemasang iklan setiap kali pengunjung mengklik pesan iklan mereka.
Pengiklan membayar pemasang iklan setiap kali pengunjung mengklik pesan mereka
(cost per click). Metode pembayaran ini juga kadang-kadang digunakan untuk
pemasaran afiliasi yang tujuannnya adalah untuk mengarahkan lalu lintas ke web
baru. Metode pertama dan yang paling di gemari banyak publisher
(blogger/wapmaster yang memasang iklan di blog/webisitenya). Iklan PPC ini
biasanya di letakkan para blogger/webmaster di posisi paling strategis di
halaman web/blog mereka agar dapat terus terlihat oleh mata pengunjung blog dan
tertarik untuk mengklik iklannya, letak paling stategis sih biasanya ada di
bawah judul postingan, di akhir postingan dan di side bar.
4. Pay
per Action/ Cost per Action (PPA/CPA)
Pengiklan
hanya membayar untuk iklan mereka bila pengunjung telah melakukan tindakan yang
diinginkan misalnya, pembelian atau pengiriman formulir(konsumen mengisi
formulir). Metode pembayaran ini adalah cara terbaik untuk pengiklan karena
mereka hanya membayar bila iklan telah memenuhi tujuannya. Model PPA tidak umum
digunakan untuk iklan banner dan umumnya terkait afiliasi pemasaran.
5. Pay
per Sale/ Cost per Sale (PPS/CPS)
Memberikan
komisi sesuai dengan jumlah produk atau layanan yang berhasil terjual melalui
link yang ditampilkan affiliator. Kalau untuk metode yang satu ini mungkin
prinspnya sama dengan metode Dropshipper, lalu apa itu Dropshipper? Mungkin kita
akan jelaskan di lain waktu. Tetapi secara intinya saja, kalian menjual barang
milik orang lain tetapi tidak memiliki barang tersebut alias kalian
mengiklankan barang milik orang lain tetapi di situ kalian menambahkan tambahan
harga dari harga aslinya, dan apabila barang laku dijual tambahan harga akan
menjadi milik kalian sedangkan harga asli dikembalikan kepada pemilik barang. Penjualan
tipe ini memang sering digunakan, walaupun keuntungannya sedikit tetapi
setidaknya hal ini menjadikan penjual pemula terhindar dari tidak lakunya
barang persediaan sekaligus menjadi metode yang paling aman dalam penjualan.
6. Pay
per Lead/ Cost per Lead (PPL/CPL)
Tipe
pembayaran ini memberikan komisi berdasarkan jumlah orang yang telah mengisi
forum. Hampir sama dengan PPA mungkin ya? Tetapi untuk PPA mengandung arti yang
lebih luas lagi.
7. Pay
per Download/ Cost per Download (PPD/CPD)
Tipe
pembayaran ini memberikan komisi berdasarkan orang yang mendownload file atau produk
yang ditawarkan.
loading...
8. CPE (Cost Per Engagement)
CPE
bertujuan untuk melacak tidak hanya jika unit iklan dimuat pada halaman tetapi
juga apakah pemirsa benar-benar dilihat iklan.
9. Pay
per Play/ Cost per Play (PPP/CPP)
Lebih
lazim mungkin dikatakan Pay per View/Cost per View (PPV/CPV). Memberikan komisi
dengan jumlah orang yang memutar audio ataupun video yang ditampilkan oleh
affiliator. Dengan model ini, pengiklan membayar untuk iklan rollover, biasanya
ditempatkan dalam video atau aplikasi (seperti aplikasi Facebook) , dan
berdasarkan interaksi dengan iklan itu. Sebuah iklan dapat berisi video,
permainan, atau konten kaya lainnya. Hal ini terjadi tanpa harus pengguna
Internet pergi dari halaman web, dan pemasar hanya membayar bila seseorang
menyelesaikan tindakan.
10. Pay
per Read/ Cost per Read (PPR/CPR)
Komisi
diberikan bila anda sendiri mengklik/membaca iklan
11. Pay
per Interaction/Cost per Interaction
Singkatan:
(PPI/CPI (hati hati terkadang rancu terhadap singkatan Pay per
Impression)) Pengiklan membayar untuo iklan rollover ,
biasanya ditempatkan dalam video atau aplikasi
12.
CPT
CPT atau Cost per time. Metode ini menggunakan, ongkos pemasangan iklan berdasarkan jangka waktu. Jumlah klik yang diperoleh atau pengunjung yang melihat tidak mempengaruhi ongkos yang harus dibayarkan oleh pemasang iklan kepada pemilik blog atau website. Dilihat dari tampilannya iklan CPT mirip seperti iklan-iklan di papan reklame dan baliho di jalan-jalan.
CPT atau Cost per time. Metode ini menggunakan, ongkos pemasangan iklan berdasarkan jangka waktu. Jumlah klik yang diperoleh atau pengunjung yang melihat tidak mempengaruhi ongkos yang harus dibayarkan oleh pemasang iklan kepada pemilik blog atau website. Dilihat dari tampilannya iklan CPT mirip seperti iklan-iklan di papan reklame dan baliho di jalan-jalan.
13. Paid
Review/ Pay per Post (PPP)
Paid
Review atau biasa di sebut juga PPP (pay per post) Yaitu suatu iklan yang di sampaikan
lewat postingan dan di rekomendasikan/diperkenalkan oleh blogger/webmaster
(publisher) lewat tulisan postingannya, biasanya bayarannya cukup gede lho
hanya dengan sekali postingan tentang review produk pengiklan aja , tapi
biasanya hanya blog-blog dan web-web yang udah tersohor aja yang menerima
penawaran jenis iklan seperti ini.
14. Float
rate atau sponsorship
Pemilik
website yang memiliki lalu lintas rendah, kadang-kadang memilih untuk menjual
ruang banner dengan biaya tetap per bulan(flat rate), tanpa memperdulikan
jumlah iklan di klik atau jumlah iklan tayang. Contohnya iklan eksklusif di
semua halaman dan slot tertentu halaman website, buletin, bagian, dan
mensponsori konten. Sponsorship berarti bahwa tidak ada pengiklan lain yang
akan muncul di bagian tersebut. Sponsor seringkali sulit untuk diukur dan
sebagian besar digunakan untuk meningkatkan brand atau kesadaraan terhadap
suatu merek
15.
Note: Nama nama Pay beserta singkatannya
terkadang diganti menjadi kata Cost beserta singkatannya dan keduanya juga
memiliki arti yang sama, misal Pay per Impression (PPI) bisa disebut juga
dengan Cost per Impression (CPI)
Hmmm mungkin hanya diatas
saja ya metode metode yang bisa diperkenalkan kepada khilafer, tetapi jangan
risau, jangan gundah, jangan sedih, karena kami akan memberitahu sebuah bonus
yang warbyazah. Kami selaku pihak admin laknat akan memberikan bonus informasi yang kami berikazn secara Cuma Cuma \(*^*)/
Setelah kalian membaca
post-post-an di atas saya yakin beberapa diantara kalian akan memulai blogging
dan memulai bisnis kalian sendiri, jadi saya selaku perwakilan dari dunia
khilaf, saya ingin memberi tahu beberapa hal ataupun istilah yang mungkin akan
kalian temui dalam dunia periklanan seperti yang diatas. Lanjut saja tanpa basa
basi lagi
1. Click
Through Rate (CTR) dan Conversion Rate (CR)
Setelah
mengetahui perhitungan iklan di atas, maka anda bisa mulai menghitung Click
Through Rate (CTR) dan Conversion Rate (CR) untuk menentukan apakah iklan yang
anda pasang efektif atau tidak.
·
CTR merupakan perbandingan antara
pengunjung website anda yang mengklik iklan anda dengan jumlah pengunjung
website anda secara keseluruhan. Sehingga didapatkan rumus perhitungan sebagai
berikut:
CTR
= Jumlah klik / jumlah pengunjung
Atau
CTR
(%) = (Klik ÷ Tayangan) X 100
Misalnya,
jika iklan banner ditampilkan 100 kali dan satu orang diklik di atasnya, maka
CTR yang dihasilkan akan menjadi 1 persen.
CTR
(%) = (1 ÷ 100) X 100 = 1%
·
CR merupakan perbandingan antara jumlah
orang yang membeli produk anda dengan jumlah pengunjung website anda secara
keseluruhan. Sehingga didapatkan rumus perhitungan sebagai berikut :
CR
= Jumlah konversi / jumlah pengunjung
2. Formula
yang digunakan untuk menghitung CPM
Setelah
kalian membaca artikel di atas, kalian tentu akan tahu apa itu CPM kan? Ya kali
ini kami akan memberikan sebuah bonus secara Cuma Cuma yaitu pemberian formula
penghitungan CPM. Berikut formulanya.
·
BPS Satuan = (Tayangan ÷ 1000)
Total Harga ($) =
tingkat CPM Unit CPM X ($)
Per Impression biaya
($) = CPM Rate ($) ÷ 1000
Misalnya,
satu juta tayangan $ 10 CPM sama $ 10.000 jumlah total.
1.000.000÷
1.000 = 1.000 unit
1000
unit x
10$ CPM = $ 10.000
Catatan:
Jumlah yang dibayarkan per tayangan dihitung dengan membagi CPM dengan 1000.
Sebagai contoh, CPM $ 10 sama dengan $ 0,01 per tayangan.
$
10 CPM ÷ 1.000 tayangan = $ 0.01 per tayangan
3. eCPM
(Biaya efektif Per Mile)
eCPM
adalah ukuran kinerja yang sangat efektif digunakan untuk berbagai unit iklan.
Rumus
yang digunakan :
·
eCPM = (Total Laba ÷ Tayangan) X 1000
Misalnya,
eCPM untuk 500 tayangan halaman dan $ 1 total pendapatan akan:
eCPM
= (Total Laba ÷ Tayangan) X 1000
=
($ 1 ÷ 500) X 1000
=
$ 2
4. VTR
(Lihat-melalui Rate)/( View Through Rate)
VTR
adalah cara untuk mengukur keberhasilan suatu situs video online streaming
dengan mengukur berapa kali pengguna mengklik iklan
Udahan
ah bonusnya nanti kesenengan kalian, ya intinya saja ya...
Tidak
ada kata terlambat buat belajar.
Kalau
sudah terlambat ya lompat pagar.
Selesai
sudah postingan kali ini.
Kalau
kagak nyambung ya udah.
Ok,
sampai jumpa di postingan mimin yang selanjutnya ya, maaf kalau banya kata kata
yang mendorong keinginan kalian berbuka bagi kalian yang sedang menjalani
ibadah puasa, saya mimin <RINC_> undur diri dulu, mau khilaf terlebih
dahulu. Kenapa? Nggak boleh khilaf?
Kata
siapa?
Yang
penting kan.....
“Keep Khilaf and Stay Cool”
# Apa itu CPM
#Apa itu PPI
# Apa itu CPI
# Apa itu VTR
# Apa itu eCPM
# Apa itu Click Through Rate
# Apa itu CTR
# Apa itu Conversion Rate
# Apa itu CR
# Apa itu dan penjelasan Float rate atau sponsorship
#penjelasan View Through Rate
# Apa itu dan penjelasan Paid Review atau Pay per Post (PPP)
# Definisi CPT
# Metode iklan Pay per Play/ Cost per Play (PPP/CPP)
# Apa sih Pay per Interaction/Cost per Interaction
# Pay per Read/ Cost per Read (PPR/CPR)
# Mekanisme Pay per Play/ Cost per Play (PPP/CPP)
# Arti dari CPE (Cost Per Engagement)
# Cara memasang iklan menggunakan Pay per Download/ Cost per Download (PPD/CPD)
# Jenis jenis ikalan Pay per Lead/ Cost per Lead (PPL/CPL)
# Pembayaran iklan melalui Pay per Action/ Cost per Action (PPA/CPA)
# Penggunaan iklan Pay per Click/Cost per Click (PPC/CPC)
# Cara mudah memasang iklan CPM (Cost Per Mile)/Cost per Thousand/ Cost Per Thousand impression
# Cara mendapatkan uang dengan Pay per Impression/Cost per Impression (PPI/CPI)
# Jenis Jenis iklan online
# Metode pembayaran jasa periklanan terhadap publisher
# Teknik dalam periklanan
# Hal hal yang umum dala periklanan
# Istilah yang sering ditemuai dalam dunia periklanan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar