Jenis Jenis Metode Pembayaran yang Digunakan Jasa Periklanan Kepada Publisher (Apa itu CPM, PPC,dll) - MS Guild

Baru!!

Indonesia.com

Minggu, 10 Juni 2018

Jenis Jenis Metode Pembayaran yang Digunakan Jasa Periklanan Kepada Publisher (Apa itu CPM, PPC,dll)

Okeh, sesuai janji mimin <RINC_> (^_^)v, kali ini mimin akan membagikan sebuah post post-an pendek yang membahas sedikit, seputar hal hal yang sering dibingungkan para khilafer dalam memahami tentang jasa periklanan, Hmmm..... sudah mulai nge-blog? Khilaf aja sinih sama mimin <RINC_>.
Pada post-postan sebelumnya mimin pernah membahas tentang Review apa itu AdNow dan bagaimana cara memasang iklan di dalamnya kan? Yah sebelumnya itu merupakan awal dimana mimin untuk pertama kali masuk ke dalam dunia perblogger dengan serius dan berniat memasang iklan loh 0(-)0, jadi maaf saja kalau mungkin tampilannya memang agak kurang baik dalam kenyamanan ataupun bahkan tampilan. Namun apakah khilafer sadar, mimin pernah nilang tentang apa itu CPM saat berada di post-postan AdNow?
 Sebenarnya apa itu CPM?
Apakah ada metode selain CPM?
Atau bahkan maksudnya sih apa ini?
Pasti terkadang kalian bertanya seperti itu kan?
Tetapi jangan khawatir, ada kabar gembira untuk kita semua, kulit durian kini bisa dimakan. Ya... kali ini mimin akan membahas sedikit tentang jenis jenis metode pembayaran yang sering digunakan jasa periklanan kepada publisher (pemasang iklan) seperti CPM (Cost Per Mile). Atau mungkin bisa disebut sebagi jenis perhitungan yang biasa digunakan dalam dunia perklanan. Atau mungkin bisa disebut juga jenis jenis iklan online tetapi apabila mimin kasih judul seperti ini takutnya malah nyasar ke pencarian seperti banner, native ads dll. Oh ya untuk jenis jenis iklan online mimin mungkin akan membahas pada post post-an selanjutnya. Ok langsung saja ya ke topik pembicaraan \(0_0)/.


1.      Pay per Impression/Cost per Impression (PPI/CPI)
Pengiklan harus membayar setiap kali iklan tampil pada halaman web penyedia iklan. Pengiklan ini harus membayar setiap kali iklan tampil pada halaman web penyedia iklan. Cara yang paling umum untuk model ini adalah CPM (Cost Per Mill) atau biaya per seribu tayangan (cost per seribu). Tetapi lazimnya, metode CPM terpisah dari CPI karena pada dasarnya CPI bisa dihitung perorangan yang artinya keuntungan sudah bisa kita dapat per orang pengunjung sedangkan CPM hanya baru akan dibayar ketika pengunjung yang melihat sudah mencapai 1000 pengunjung.


2.      CPM (Cost Per Mile)/Cost per Thousand/ Cost Per Thousand impression
Merupakan berdasarkan sistem yang sama dari Cost per Impression tetapi kalau untuk ini baru akan dibayar/ baru akan mendapat keuntungan ketika pengunjung mencapai 1000 pengunjung. CPM merupakan bentuk penyebaran yang menguntungkan penyedia iklan, biasanya website dengan triffic tinggi. Metode penghasilan iklan kedua adalah Cost per mile atau di singkat CPM yaitu metode iklan yang di bayar per 1000 tampilan/pageview. agak susah bagi blog yang masih sepi pengunjung dan pageviewnya dikit untuk bisa menghasilkan uang dengan jenis iklan ini. Namun jika blog khilafer ramai, apalagi postingan dan banyak pageviewnya sangat mantapz maka ini bisa menjadi sangat menguntungkan buat orang yang menggunakan jenis iklan ini.


3.      Pay per Click/Cost per Click (PPC/CPC)
Pengiklan membayar pemasang iklan setiap kali pengunjung mengklik pesan iklan mereka. Pengiklan membayar pemasang iklan setiap kali pengunjung mengklik pesan mereka (cost per click). Metode pembayaran ini juga kadang-kadang digunakan untuk pemasaran afiliasi yang tujuannnya adalah untuk mengarahkan lalu lintas ke web baru. Metode pertama dan yang paling di gemari banyak publisher (blogger/wapmaster yang memasang iklan di blog/webisitenya). Iklan PPC ini biasanya di letakkan para blogger/webmaster di posisi paling strategis di halaman web/blog mereka agar dapat terus terlihat oleh mata pengunjung blog dan tertarik untuk mengklik iklannya, letak paling stategis sih biasanya ada di bawah judul postingan, di akhir postingan dan di side bar.

4.      Pay per Action/ Cost per Action (PPA/CPA)
Pengiklan hanya membayar untuk iklan mereka bila pengunjung telah melakukan tindakan yang diinginkan misalnya, pembelian atau pengiriman formulir(konsumen mengisi formulir). Metode pembayaran ini adalah cara terbaik untuk pengiklan karena mereka hanya membayar bila iklan telah memenuhi tujuannya. Model PPA tidak umum digunakan untuk iklan banner dan umumnya terkait afiliasi pemasaran.

5.      Pay per Sale/ Cost per Sale (PPS/CPS)
Memberikan komisi sesuai dengan jumlah produk atau layanan yang berhasil terjual melalui link yang ditampilkan affiliator. Kalau untuk metode yang satu ini mungkin prinspnya sama dengan metode Dropshipper, lalu apa itu Dropshipper? Mungkin kita akan jelaskan di lain waktu. Tetapi secara intinya saja, kalian menjual barang milik orang lain tetapi tidak memiliki barang tersebut alias kalian mengiklankan barang milik orang lain tetapi di situ kalian menambahkan tambahan harga dari harga aslinya, dan apabila barang laku dijual tambahan harga akan menjadi milik kalian sedangkan harga asli dikembalikan kepada pemilik barang. Penjualan tipe ini memang sering digunakan, walaupun keuntungannya sedikit tetapi setidaknya hal ini menjadikan penjual pemula terhindar dari tidak lakunya barang persediaan sekaligus menjadi metode yang paling aman dalam penjualan.

6.      Pay per Lead/ Cost per Lead (PPL/CPL)
Tipe pembayaran ini memberikan komisi berdasarkan jumlah orang yang telah mengisi forum. Hampir sama dengan PPA mungkin ya? Tetapi untuk PPA mengandung arti yang lebih luas lagi.

7.      Pay per Download/ Cost per Download (PPD/CPD)
Tipe pembayaran ini memberikan komisi berdasarkan orang yang mendownload file atau produk yang ditawarkan.

loading...



8.      CPE (Cost Per Engagement)
CPE bertujuan untuk melacak tidak hanya jika unit iklan dimuat pada halaman tetapi juga apakah pemirsa benar-benar dilihat iklan.

9.      Pay per Play/ Cost per Play (PPP/CPP)
Lebih lazim mungkin dikatakan Pay per View/Cost per View (PPV/CPV). Memberikan komisi dengan jumlah orang yang memutar audio ataupun video yang ditampilkan oleh affiliator. Dengan model ini, pengiklan membayar untuk iklan rollover, biasanya ditempatkan dalam video atau aplikasi (seperti aplikasi Facebook) , dan berdasarkan interaksi dengan iklan itu. Sebuah iklan dapat berisi video, permainan, atau konten kaya lainnya. Hal ini terjadi tanpa harus pengguna Internet pergi dari halaman web, dan pemasar hanya membayar bila seseorang menyelesaikan tindakan.

10.  Pay per Read/ Cost per Read (PPR/CPR)
Komisi diberikan bila anda sendiri mengklik/membaca iklan

11.  Pay per Interaction/Cost per Interaction
Singkatan: (PPI/CPI (hati hati terkadang rancu terhadap singkatan Pay per Impression))   Pengiklan membayar untuo iklan rollover , biasanya ditempatkan dalam video atau aplikasi

12.  CPT
CPT atau Cost per time. Metode ini menggunakan, ongkos pemasangan iklan berdasarkan jangka waktu. Jumlah klik yang diperoleh atau pengunjung yang melihat tidak mempengaruhi ongkos yang harus dibayarkan oleh pemasang iklan kepada pemilik blog atau website. Dilihat dari tampilannya iklan CPT mirip seperti iklan-iklan di papan reklame dan baliho di jalan-jalan.

13.  Paid Review/ Pay per Post (PPP)
Paid Review atau biasa di sebut juga PPP (pay per post) Yaitu suatu iklan yang di sampaikan lewat postingan dan di rekomendasikan/diperkenalkan oleh blogger/webmaster (publisher) lewat tulisan postingannya, biasanya bayarannya cukup gede lho hanya dengan sekali postingan tentang review produk pengiklan aja , tapi biasanya hanya blog-blog dan web-web yang udah tersohor aja yang menerima penawaran jenis iklan seperti ini. 

14.  Float rate atau sponsorship
Pemilik website yang memiliki lalu lintas rendah, kadang-kadang memilih untuk menjual ruang banner dengan biaya tetap per bulan(flat rate), tanpa memperdulikan jumlah iklan di klik atau jumlah iklan tayang. Contohnya iklan eksklusif di semua halaman dan slot tertentu halaman website, buletin, bagian, dan mensponsori konten. Sponsorship berarti bahwa tidak ada pengiklan lain yang akan muncul di bagian tersebut. Sponsor seringkali sulit untuk diukur dan sebagian besar digunakan untuk meningkatkan brand atau kesadaraan terhadap suatu merek

15.  Note: Nama nama Pay beserta singkatannya terkadang diganti menjadi kata Cost beserta singkatannya dan keduanya juga memiliki arti yang sama, misal Pay per Impression (PPI) bisa disebut juga dengan Cost per Impression (CPI)

Hmmm mungkin hanya diatas saja ya metode metode yang bisa diperkenalkan kepada khilafer, tetapi jangan risau, jangan gundah, jangan sedih, karena kami akan memberitahu sebuah bonus yang warbyazah. Kami selaku pihak admin laknat akan memberikan bonus informasi  yang kami berikazn secara Cuma Cuma \(*^*)/

Setelah kalian membaca post-post-an di atas saya yakin beberapa diantara kalian akan memulai blogging dan memulai bisnis kalian sendiri, jadi saya selaku perwakilan dari dunia khilaf, saya ingin memberi tahu beberapa hal ataupun istilah yang mungkin akan kalian temui dalam dunia periklanan seperti yang diatas. Lanjut saja tanpa basa basi lagi

1.      Click Through Rate (CTR) dan Conversion Rate (CR)
Setelah mengetahui perhitungan iklan di atas, maka anda bisa mulai menghitung Click Through Rate (CTR) dan Conversion Rate (CR) untuk menentukan apakah iklan yang anda pasang efektif atau tidak.
·         CTR merupakan perbandingan antara pengunjung website anda yang mengklik iklan anda dengan jumlah pengunjung website anda secara keseluruhan. Sehingga didapatkan rumus perhitungan sebagai berikut:
CTR = Jumlah klik / jumlah pengunjung

Atau

CTR (%) = (Klik ÷ Tayangan) X 100

Misalnya, jika iklan banner ditampilkan 100 kali dan satu orang diklik di atasnya, maka CTR yang dihasilkan akan menjadi 1 persen.
CTR (%) = (1 ÷ 100) X 100 = 1%


·         CR merupakan perbandingan antara jumlah orang yang membeli produk anda dengan jumlah pengunjung website anda secara keseluruhan. Sehingga didapatkan rumus perhitungan sebagai berikut :
CR = Jumlah konversi / jumlah pengunjung

2.      Formula yang digunakan untuk menghitung CPM
Setelah kalian membaca artikel di atas, kalian tentu akan tahu apa itu CPM kan? Ya kali ini kami akan memberikan sebuah bonus secara Cuma Cuma yaitu pemberian formula penghitungan CPM. Berikut formulanya.

·         BPS Satuan = (Tayangan ÷ 1000)
Total Harga ($) = tingkat CPM Unit CPM X ($)
Per Impression biaya ($) = CPM Rate ($) ÷ 1000

Misalnya, satu juta tayangan $ 10 CPM sama $ 10.000 jumlah total.
1.000.000÷ 1.000 = 1.000 unit
1000 unit  x  10$ CPM = $ 10.000
Catatan: Jumlah yang dibayarkan per tayangan dihitung dengan membagi CPM dengan 1000. Sebagai contoh, CPM $ 10 sama dengan $ 0,01 per tayangan.
$ 10 CPM ÷ 1.000 tayangan = $ 0.01 per tayangan

3.      eCPM (Biaya efektif Per Mile)
eCPM adalah ukuran kinerja yang sangat efektif digunakan untuk berbagai unit iklan.
Rumus yang digunakan :

·         eCPM = (Total Laba ÷ Tayangan) X 1000

Misalnya, eCPM untuk 500 tayangan halaman dan $ 1 total pendapatan akan:
eCPM = (Total Laba ÷ Tayangan) X 1000
= ($ 1 ÷ 500) X 1000
= $ 2

4.      VTR (Lihat-melalui Rate)/( View Through Rate)
VTR adalah cara untuk mengukur keberhasilan suatu situs video online streaming dengan mengukur berapa kali pengguna mengklik iklan

Udahan ah bonusnya nanti kesenengan kalian, ya intinya saja ya...

Tidak ada kata terlambat buat belajar.
Kalau sudah terlambat ya lompat pagar.
Selesai sudah postingan kali ini.
Kalau kagak nyambung ya udah.

Ok, sampai jumpa di postingan mimin yang selanjutnya ya, maaf kalau banya kata kata yang mendorong keinginan kalian berbuka bagi kalian yang sedang menjalani ibadah puasa, saya mimin <RINC_> undur diri dulu, mau khilaf terlebih dahulu. Kenapa? Nggak boleh khilaf?
Kata siapa?
Yang penting kan.....



“Keep Khilaf and Stay Cool”




Admin: <RINC_> 

# Apa itu CPM
#Apa itu PPI
# Apa itu CPI
# Apa itu VTR
# Apa itu eCPM
# Apa itu Click Through Rate 
# Apa itu CTR
# Apa itu Conversion Rate 
# Apa itu CR
# Apa itu dan penjelasan Float rate atau sponsorship
#penjelasan View Through Rate
# Apa itu dan penjelasan Paid Review atau Pay per Post (PPP)
# Definisi CPT
# Metode iklan Pay per Play/ Cost per Play (PPP/CPP)
# Apa sih Pay per Interaction/Cost per Interaction
Pay per Read/ Cost per Read (PPR/CPR)
# Mekanisme Pay per Play/ Cost per Play (PPP/CPP)
# Arti dari CPE (Cost Per Engagement)
# Cara memasang iklan menggunakan Pay per Download/ Cost per Download (PPD/CPD)
# Jenis jenis ikalan Pay per Lead/ Cost per Lead (PPL/CPL)
# Pembayaran iklan melalui Pay per Action/ Cost per Action (PPA/CPA)
# Penggunaan iklan Pay per Click/Cost per Click (PPC/CPC)
# Cara mudah memasang iklan CPM (Cost Per Mile)/Cost per Thousand/ Cost Per Thousand impression
# Cara mendapatkan uang dengan Pay per Impression/Cost per Impression (PPI/CPI)
# Jenis Jenis iklan online
# Metode pembayaran jasa periklanan terhadap publisher
# Teknik dalam periklanan
# Hal hal yang umum dala periklanan
# Istilah yang sering ditemuai dalam dunia periklanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar